Inilah 5 Cara Jualan Di Instagram Agar Laris Manis

Kamu mau mulai jualan online? Bingung mau mulai darimana? Kenapa tidak mulai dari jualan di Instagram saja?

Kenapa harus Instagram? Karena perkembangan Instagram hari ini sangat luar biasa lho. Ada ratusan juta orang di Indonesia ini yang setiap hari membuka Instagram, mungkin salah satunya kamu juga. Dan itu artinya kamu punya akun Instagram juga kan?

Nah, daripada akun Instagram kamu nganggur, gak ada fungsinya, saranku coba deh kamu pakai untuk mulai belajar jualan online. Tentunya kamu juga harus belajar cara jualan di Instagram yang tepat agar usahamu bisa laris manis. Jadi jangan asal posting feed saja ya, semua ada ilmunya.

Nah, jika kamu masih bingung mencari ilmu tentang cara jualan di Instagram agar laris manis, mungkin artikel yang ada di sini bisa menjadi acuan kamu untuk belajar cara jualan di Instagram.

Setidaknya ada 5 cara jualan di Instagram yang bisa kamu maksimalkan agar produkmu bisa laris manis di pasaran. Apa saja itu? Yuk kita simak bersama.

Berikut 5 cara jualan di instagram agar laris manis

Cara 1 - Optimalkan Profil Akun Instagram Kamu

Profil akun Instagram kamu itu ibarat sebuah halaman depan rumah, atau kalo kita ibaratkan sebuah website, maka profil akun Instagram itu adalah halaman beranda / homepagenya. Maka mendesain profil yang terlihat lebih profesional itu menjadi sangat penting sebagai salah satu cara agar jualan kamu di Instagram bisa laris manis.

Orang akan cenderung lebih percaya dengan akun yang terlihat meyakinkan pada halam profilnya, dibandingkan dengan akun yang asal-asalan menata profilnya. Lalu, apa yang harus kamu perbaiki agar profil Instagram kamu terlihat lebih profesional?

Foto profil : Foto ini penting ya, pastikan foto ini jelas menunjukkan siapa kamu. Tunjukkan brandmu atau logomu. Atau jika akun itu kamu gunakan untuk personal branding, pasang foto terbaikmu.

Bio yang meyakinkan : Bio ini juga sangat penting ya. Karena di sinilah orang bisa membaca siapa sebenarnya kamu. Maka tulislah info yang jelas dan padat, agar setiap orang yang kepo dengan profilmu, langsung tahu siapa kamu atau apa yng kamu jual.

Pasang Link URL : Kita kan tau ya, di Instagram ini hanya bisa memasang 1 link saja. Nah, agar kolom link ini bisa maksimal, kamu bisa menggunakan fasiltas pihak ketiga, seperti linktree, biolinky, dll untuk menata link jualan kamu agar nampak lebih profesional.

Cara 2 - Gunakan Instagram Ads

Tahukah kamu bahwa tidak semua followersmu di Instagram akan selalu menjumpai status feed kamu, walaupun followersmu jumlahnya sangat banyak. Hanya akan ada sekitar 10%-20% saja dari jumlah total followersmu yang akan menjumpai status feed kamu saat update.

Maka dari itu, untuk menjangkau target market yang lebih luas, butuh yang namanya Instagram Ads alias iklan Instagram berbayar. Jadi, kalo kamu sudah punya alokasi budget iklan, tidak ada salahnya untuk mulai belajar Instagram Ads ini.

Namun, jika kamu belum ada alokasi dana iklan, maksimalkan saja dulu teknik-teknik yang gratisan terlebih dahulu. Walau gratisan, jika konsisten, maka hasilnya juga akan luar biasa.

Cara 3 - Gunakan Instagram Story

Cara jualan di Instagram yang selanjutnya adalah dengan update rutin story instagram kamu. Untuk apa? Untuk menjaga interaksi dengan followers kamu. Dan Instagram Story ini juga lebih terasa personal dibandingkan dengan Instagram Feed, jadi bisa lebih mendekatkan kamu dengan followersmu, dan akibatnya akan membuat akunmu lebih dipercaya oleh audiensmu.

Tapi ingat ya, Instagram Story ini akan efektif ketika jumlah followersmu sudah banyak, karena Instagram Story ini hanya akan dilihat oleh akun yang sudah ngefollow kamu aja, kecuali kamu pake Story Ads ya. 

Jadi, kalo akun kamu masih baru atau jumlah followersnya masih dikit, perbanyak dulu ya. Kalo sudah sesuai target, baru deh maksimalkan dengan Story.

Cara 4 - Memperbagus Feed Instagram

Mempercantik feed juga menjadi salah satu cara jualan di instagram agar laris manis. Karena jika feednya rapi, pengunjung akan lebih betah untuk mengeksplore akun Instagram kamu. Feed yang cantik ini memiliki banyak arti ya, bisa karena warnanya yang hampir serupa, bisa karena desainnya yang nyambung antar feed, atau bisa juga karena memang foto yang dipasang di feed itu memang foto dengan kualitas bagus. Menggunakan gambar dengan resolusi yang besar juga bisa jadi salah satu faktor. Kan kalo gambar yang di posting itu burem semua, gak nyaman juga kan? Bener gak?

Cara 5 - Gunakan Hashtag yang Relevan

Cara jualan di Instagram yang juga tidak kalah penting adalah penggunaan hashtag di setiap postingan feed. Fungsinya untuk apa? Untuk menjangkau audiens baru dan harapannya jika mereka tertarik dengan psotingan kamu, mereka akan menjadi follower kamu. Penggunaan hashtag ini masih sangat powerful untuk menjangkau orang baru yang lebih luas.

Tapi ingat ya, jangan asal pakai hashtag dan juga jangan terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai spam oleh Instagram. Jadi gunakan secukupnya, misal 5-10 hashtag saja dan tentunya juga harus relevan dengan isi postingan kamu.

Jika isi postingan kamu adalah tentang traveling, maka gunakan juga hashtag yang berhubungan dengan traveling. Semakin relevan, maka hasilnya akan semakin bagus.

Itulah 5 cara jualan di Instagram agar laris manis. Silakan diptaktekkan ya. O iya, ada 1 lagi diluar itu semua yang harus kamu lakukan agar jualanmu di Instagram bisa laris manis. Apa itu? Konsisten bikin konten. Percuma followermu banyak, desain feedmu menarik, tapi gak pernah update konten. Sekalinya update cuma seminggu sekali. Hmmm.. Jika ini yang kamu lakukan, maka tinggal tunggu saja para followermu akan berpindah ke akun lain. Jadi, konsistenlah untuk update konten setiap hari ya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk " Inilah 5 Cara Jualan Di Instagram Agar Laris Manis"