Inilah 5 Cara Jualan Online Di Facebook Agar Laris Manis

Kita semua pasti tahu bahwa Facebook masih menjadi salah satu media sosial terbesar yang diakses oleh masyarakat Indonesia. Ada lebih dari 140 juta orang yang membuka Facebook setiap hari, baik itu hanya untuk update status, untuk scrolling timeline, untuk ngepoin sesuatu, dan juga untuk berjualan online. Nah, jika kamu termasuk orang yang menggunakan Facebook untuk berjualan online, maka kamu harus tahu cara jualan online di Facebok agar daganganmu bisa laris manis.

Walau sebenarnya Facebook itu kan media sosial ya, bukan media jualan. Tapi faktanya tidak sedikit yang menggunakan Facebook untuk mencari uang dan tidak sedikit pula dari mereka yang bisa mendapatkan ratusan bahkan jutaan rupiah dari berjualan di Facebook. Tentunya semua itu ada caranya dong. Iya kan? Hehe.. Gak bisa kita sembarangan menggunakan Facebook untuk brutal jualan setiap hari, nanti yang ada malah teman-teman kita pada sebel dan tidak respek dengan info jualan kita di Facebook. Makanya belajar cara jualan online di Facebook itu menjadi hal yang sangat penting.

Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook Agar Laris Manis?

Di artikel kali ini, saya akan membahas 5 cara agar jualanmu di facebook bisa laris manis. Tapi tentunya ini butuh konsisten praktek ya. Tidak bisa hanya dengan praktek sehari, lalu dengan ajaib tiba-tiba banjir orderan. Semua butuh proses tanpa sering protes. Siap kan?

Cara 1 - Buat Halaman/Fanpage Facebok

Tips pertama agar jualan di Facebook laris manis adalah dengan cara membuat halaman/fanspage di Facebook. Kenapa fanspage? Karena memang fanspage ini dibuat untuk tujuan itu dan ini legal/resmi dari Facebook. Berbeda dengan akun pribadi yang sudah lebih ketat untuk saat ini. Posting jualan dikit aja, sudah muncul peringatan. Nah, kalo di fanspage, itu tidak akan pernah terjadi. Selain itu, fanspage juga bisa terindex oleh google, artinya jika kamu bisa memilih kata kunci yang tepat, maka kamu bisa mendapatkan calon pembeli onlinemu lewat fanspage walaupun jumlah like fanspagemu itu tidak banyak atau bahkan masih 0 sekalipun.

Misal kamu bisa membuat fanspage dengan nama Distributor Pembersih Multiguna Ramah Lingkungan WA 0812-3456-7890. Pastikan juga tercantum nomor whatsapp yang bisa dihibungi ya. Agar calon pembelimu bisa langsung kontak whatsappmu ketika dia cocok dengan produk yang kamu tawarkan. 

Nah, setelah fanspagemu jadi, tinggal update-update status aja deh. Update aja rutin di situ, bisa status kiriman paket, bisa info-info produk, bisa posting testimoni, dll. Bisa juga posting video bukan iklan, tapi yang berkaitan dengan produk knowledge, lalu video itu kamu share di grup-grup Facebook. Misal kamu jualan obat diabetes, cari aja video tentang bahaya diabates, makanan yang cocok untuk penderita diabetes, dll. Nah, ketika penghuni sebuah grup itu melihat informasi video yang kamu share, maka mereka juga otomatis melihat nama fanspage dan nomor kontakmu.

Cara 2 - Jualan di Grup Facebook

Cara kedua jualan online di Facebook agar laris manis adalah dengan masuk ke grup-grup yang sudah disediakan oleh Facebook. Ada ribuan grup Facebook yang bisa kamu masuki sesuai dengan jenis produk yang kamu jual. Mau jualan ayam, ada grup facebook pecinta ayam, grup facebook jual beli ayam. Mau jualan voucher game, ada grup pecinta game tertentu. Mau jualan di lokasi yang dekat dengan domisili, ada grup-grup lokal juga seperti grup jual beli Jakarta, grup olx bandung, dll. 

Keuntungan jika kamu berpromosi di grup Facebook adalah bahwa di situ berkumpul orang-orang yang memang memiliki minat yang sama. Misal kamu jualan ikan cupang, lalu kamu masuk ke grup pecinta ikan cupang, maka yang ada di dalam grup itu bisa dipastikan adalah orang-orang yang memang suka dengan ikan cupang. Maka, ketika kamu jualan ikan cupang di situ, kemungkinan besar akan laris manis. Betul begitu? Belum tentu juga ternyata... hehe.. Loh?

Nah, ada caranya gaes, sebelum kamu jualan ikan cupang di grup Facebook pecinta cupang, maka akan lebih baik jika kamu mengenalkan diri dulu dan sering-seringlah share hal-hal yang bermanfaat terkait dengan dunia ikan cupang. Bisa share tentang jenis-jenis ikan cupang, cara merawat cupang, dll. Kenapa harus begitu? Ini adalah salah satu cara untuk membangun personal branding. Nah, kalo mereka sudah kenal akrab dengan kamu, maka kamu tinggal colek-colek di grup tersebut aja, pasti bakalan banyak yang melirik jualan ikan cupangmu. 

Ingat rumus ini ya, sharing-sharing dahulu, selling-selling kemudian. Jadi, saranku sih kamu gak usah gabung ratusan grup Facebook, cukup gabung beberapa grup saja yang kamu bisa intensif interaksi di sana. Kecuali memang kamu mau praktek ilmu tingkat lanjut, ini beda lagi ya. Hehe.. Tapi praktek yang sederhana dulu aja deh, konsisten. InsyaAllah akan keliatan hasilnya nanti.

Cara 3 - Pakai Facebook Ads alias Iklan Berbayar

Selanjutnya, cara jualan online di Facebook agar laris manis adalah dengan menggunakan facebook ads. Seringkan kamu saat buka Facebook, tiba-tiba muncul iklan bersponsor di beranda Facebookmu, dan seringkali iklan yang muncul itu adalah produk-produk yang kamu minati, atau minimal ada kecenderungan dengan produk tersebut. Iya kan? 

Nah, itulah kekuatan dari iklan berbayar Facebook Ads, bisa menampilkan iklan ke banyak orang dengan lebih tertarget. Misal jika kamu jualan baju, maka kamu bisa mentarget orang-orang yang suka dengan fashion di kota tertentu dengan umur tertentu. Keren ya? Tapi ya fitur keren ini harus dibayar dengan uang gaes. Jadi kalo kamu mau memakai teknik ini, kamu harus siapkan fanspagenya beserta uangnya. Dan tidak jarang, ketika beriklan di awal, akan menemumui keboncosan alias rugi tanpa adanya penjualan. Hal ini juga harus kamu siapin ya. Kalo kata mastah, harus ada anggaran buat bakar uang di awal untuk mendapatkan winning campaign. 

Jadi, silakan dipikirkan baik-baik ya. Semua ada kelebihan dan kekurangannya antara berbayar dengan yang gratisan. Jika memang sudah siap budget, maka kamu bisa coba iklan berbayar. Tapi jika kamu belum siap, ya fokus organik dulu tidak masalah. 

Kalo materi tentang iklan berbayar Facebook, sudah banyak ya ecoursenya, tinggal kamu mau belajar kepada siapa. Jadi tidak perlu didetailkan di sini, karena nanti bisa jadi sangat puanjang sekali artikel ini.

Cara 4 - Gunakan Facebook Personal alias Akun Pribadi

Tips  berikutnya cara jualan online di Facebook agar laris manis adalah denga memaksimalkan akun pribadi untuk promosi. Efektif kah cara ini? Bisa saya katakan masih cukup efektif, jika kamu tahu caranya. Trus cara efektifnya seperti apa?

Seperti yang sudah saya bahas di awal tulisan ini ya, bahwa Facebook sudah semakin ketat dalam menyaring status-status yang diposting. Ketika ada bau-bau jualan, maka akan muncul notifikasi. Akibatnya apa sih notif ini? Salah satunya adalah jangkauan postingan kamu akan dipersempit, jadi yang akan ngeliat statusmu jadi makin sedikit. Selain itu, jika postinganmu dianggap melanggar, maka bisa jadi tidak diterbitkan oleh Facebook. Ribet ya? hehe.. 

Bagi kamu yang malas mencari solusi, mungkin ini akan menjadi keribetan. Tapi jika kamu mau belajar, maka ini akan menjadi tantangan sekaligus solusi sekaligus ilmu baru yang bisa kamu pelajari. Jadi, jika daganganmu mau laris manis hanya dengan memanfaatkan akun personal, maka kamu harus tahu beberapa poin berikut ini.

Jangan Jualan Hard Selling, Mulailah Gunakan Covert Selling

Makanan apa lagi nih? hehe.. Simpelnya gini sih, covert selling itu salah satu teknik jualan tanpa keliatan berjualan. Gimana itu ya? Contohnya kurang lebih seperti ini.

Jualan Hard Selling :
Stok sudah ready nih, yuk buruan di order WA xxx
Sepatu kulit ini dari kulit terbaik lho, yuk segera dipinang sebelum kehabisan
dll

Jualan Cover Selling :
Widih.. Mantap nih cuma pake ini aja, semua perabot rumah aku yang dah gosong pake banget, sampai mau aku buang, Alhamdulillah gak jadi dibuang, dan nampak seperti baru lagi.
Hari ini paketan masker glowingnya otewe ke Bali ya. Alhamdulillah laris manis, dari kemarin ada aja yang order.
dll

Nah, bisa dipahami kan? jadi jangan posting jualan terus ya. Selain teman-temanmu bisa bosan, Facebook pun akan semakin sering kasih notif ke kamu. Jadi selingi lah dengan humor, dengan aktifitas keseharian, quote motivasi, share ilmu pengetahuan terkait produk dan jika mau jualan, selalu gunakan teknik covert selling. Intinya begitu ya, kalo dibahas sampai detail bisa tambah panjang nanti tulisannya. Hehe..

Tambahkan Teman Tertarget

Nah, ini juga penting lho. Kamu sudah gunakan covert selling yang cihuy, eh ternyata jumlah pertemanan di Facebookmu masih 100 orang. Hellow? Gimana mau closing banyak? Ratusan orang yang masuk mall saja tidak semua beli. Lah ini, teman cuma 100 biji, kok pengennya closing 10 produk dari akun personal. Bangun woyy, jangan mimpi di siang bolong. Hehe.. jadi maksimalkan pertemannya ya, fullkan sampai 5000 teman, dan tambah terus followernya juga. Semakin banyak semakin bagus, dan semakin tertarget juga semakin bagus. 

Sementara fokus nambah teman ini cukup lah ya untuk awalan. Praktek aja dulu, jika sudah mahir, besok akan saya lanjutkan dengan artikel untuk menggiring ikan-ikan ini untuk kita pindahkan ke kolam khusus agar bisa diberikan program penggemukan. Hehe.. 

Bangun Personal Branding

Nah, yang tidak kalah penting juga ketika kamu mau jualan online agar laris manis di Facebook adalah dengan membangun personal branding. Apa itu personal branding? Simpelnya adalah kamu pengen dikenal orang sebagai apa. Kalau kamu mau dikenal orang sebagai ahli fashion, maka ya kamu sering-sering aja sharing tentang dunia pakaian, dan itu juga produk yang kamu jual. Jadi, temanmu di Facebook itu jika ingat mau beli baju, ingatan dia tertuju ke kamu, bukan ke online shop lain. 

Cara 5 - Jualan di Facebook Marketplace

Cara jualan online di Facebook agar laris manis yang terakhir adalah dengan memanfaatkan Facebook Marketplace. Bagi pengguna Facebook, ini adalah fitur yang lagi ngehits saat ini ya. Dan memang ini adalah fitur khusus yang disediakan oleh Facebook untuk jualan. Jadi, kalo kamu mau memulai jualan di Facebook Marketplace, ya cocok. Namanya juga marketplace, kan memang dibuat khusus untuk berjualan.

Apa sih kelebihannya Facebook Marketplace?

Jangkauan postinganmu bisa sangat luas - berbeda dengan akun pribadi yang hanya bisa menjangkau sekitar 5000 teman. Di sini kamu bisa menjangkau lebih banyak target market, karena di Facebook Marketplace bisa berjualan di berbagai kota yang ada di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Iklan bisa disetting berdasar lokasi - ini juga fitur keren lho, misal kamu hanya ingin melayani market lokal, katakanlah di lokasi jakarta saja, maka kamu bisa posting jualan khusus di daerah jakarta saja. Enak kan? jadi sesuaikan dengan produkmu ya, apakah bisa dikirim ke seluruh Indonesia atau hanya bisa dikirim lokal saja.

Tanpa biaya admin - di sini tidak ada biaya admin, semuanya gratis, yang bayar hanya koneksi internrtmu saja. Beda dengan marketplace lain yang kadang ada biaya admin yang dibebankan kepada penjual.

Semudah posting status - mau mulai jualan di Marketplace Facebook? Mudah banget kok, tinggal masuk ke menu marketplace saja, lalu posting, kasih gambar, kasih keterangan, selesai deh. Tidak ada settingan khusus yang macem-macem. Sangat mudah sekali semudah kamu update status setiap hari. 

Nah, silakan kamu bisa posting rutin setiap hari di Marketplace Facebook ini. Konsisten aja posting iklan misalnya 2-5 kali sehari, nanti iklanmu akan semakin banyak dilihat orang, dan akhirnya ada pembelian juga.

Itulah beberapa cara jualan online di Facebook agar laris manis, silakan dipraktekkan dengan konsisten ya. Jika kamu belum ada budget untuk iklan berbayar, kamu bisa cobain dulu cara yang gratisan. Silakan dimaksimalkan, praktek gila-gilaan, insyAllah akan banjir orderan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Inilah 5 Cara Jualan Online Di Facebook Agar Laris Manis"